Rabu, 22 Januari 2025

SISTEM KEMUDI

 Sistem kemudi pada mobil adalah sistem yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan arah gerakan mobil. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:


1. Setir: Alat yang digunakan pengemudi untuk mengarahkan roda kemudi. Setir ini terhubung dengan sistem kemudi melalui kolom kemudi.



2. Kolom Kemudi: Merupakan poros yang menghubungkan setir dengan komponen lain dalam sistem kemudi. Kolom ini juga dilengkapi dengan elemen penghubung untuk memberikan kekuatan dan kestabilan.



3. Rack and Pinion: Sistem kemudi yang paling umum pada mobil modern. Dalam sistem ini, pinion adalah roda gigi kecil yang terhubung ke setir, dan rack adalah batang panjang yang bergerak horizontal untuk memutar roda mobil.



4. Power Steering: Sistem kemudi dengan bantuan daya (biasanya hidrolik atau elektrik) yang memudahkan pengemudi dalam mengemudi, terutama pada kecepatan rendah atau saat parkir.



5. Rod dan Link: Komponen yang menghubungkan rack and pinion dengan roda depan mobil. Sistem ini mengalihkan gerakan setir ke arah roda.



6. Suspensi: Walaupun bukan bagian dari sistem kemudi langsung, suspensi sangat memengaruhi respons sistem kemudi dengan menjaga kestabilan dan kenyamanan.




Sistem kemudi modern biasanya menggunakan power steering hidrolik atau elektrik untuk memberikan kemudahan dalam pengendalian, terutama pada mobil dengan ukur

an besar atau berat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI GAMBAR TEKNIK

 Gambar teknik berfungsi sebagai alat komunikasi dalam bidang teknik dan rekayasa. Berikut beberapa fungsi utama gambar teknik: 1. Sarana Ko...