Suspensi mobil adalah sistem yang menghubungkan roda dengan bodi kendaraan, berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran saat berkendara, serta menjaga stabilitas dan kenyamanan. Berikut adalah beberapa jenis suspensi mobil yang umum digunakan:
Suspensi MacPherson Strut
Jenis suspensi yang paling umum digunakan pada mobil penumpang. Memiliki desain sederhana dan ringan, serta biaya produksi yang lebih ekonomis. Namun, kurang mampu menahan beban berat dan sudut kemiringannya dapat berubah saat mobil berbelok, sehingga grip ban terhadap jalan berkurang.
5
**Suspensi MacPherson Strut**
Jenis suspensi yang paling umum digunakan pada mobil penumpang. Memiliki desain sederhana dan ringan, serta biaya produksi yang lebih ekonomis. Namun, kurang mampu menahan beban berat dan sudut kemiringannya dapat berubah saat mobil berbelok, sehingga grip ban terhadap jalan berkurang. 12Suspensi Double Wishbone
Dikenal dengan dua lengan kontrol berbentuk A (upper arm dan lower arm) yang memberikan kontrol optimal terhadap pergerakan roda. Memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara yang tinggi, terutama pada kecepatan tinggi. Namun, desainnya lebih kompleks dan memerlukan ruang yang lebih luas.
14
**Suspensi Double Wishbone**
Dikenal dengan dua lengan kontrol berbentuk A (upper arm dan lower arm) yang memberikan kontrol optimal terhadap pergerakan roda. Memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara yang tinggi, terutama pada kecepatan tinggi. Namun, desainnya lebih kompleks dan memerlukan ruang yang lebih luas. 21Suspensi Multi-Link
Merupakan pengembangan dari suspensi Double Wishbone dengan beberapa lengan kontrol yang menghubungkan roda ke bodi kendaraan. Memberikan penanganan yang superior dan fleksibilitas geometri roda, cocok untuk kendaraan yang sering digunakan di lintasan berliku. Namun, konstruksinya lebih rumit dan memerlukan perawatan yang lebih intensif.
23
**Suspensi Multi-Link**
Merupakan pengembangan dari suspensi Double Wishbone dengan beberapa lengan kontrol yang menghubungkan roda ke bodi kendaraan. Memberikan penanganan yang superior dan fleksibilitas geometri roda, cocok untuk kendaraan yang sering digunakan di lintasan berliku. Namun, konstruksinya lebih rumit dan memerlukan perawatan yang lebih intensif. 30Suspensi Torsion Beam
Sering digunakan pada mobil kompak, terdiri dari balok torsi yang menghubungkan roda belakang. Desainnya sederhana dan hemat ruang, namun kenyamanan berkendara bisa kurang optimal dibandingkan jenis suspensi lainnya.
32
**Suspensi Torsion Beam**
Sering digunakan pada mobil kompak, terdiri dari balok torsi yang menghubungkan roda belakang. Desainnya sederhana dan hemat ruang, namun kenyamanan berkendara bisa kurang optimal dibandingkan jenis suspensi lainnya. 37Suspensi Axle Rigid
Menghubungkan roda kiri dan kanan secara langsung melalui poros atau gardan. Sistem kerjanya sederhana dan kuat, namun kurang nyaman untuk penggunaan di jalan raya.
39
**Suspensi Axle Rigid**
Menghubungkan roda kiri dan kanan secara langsung melalui poros atau gardan. Sistem kerjanya sederhana dan kuat, namun kurang nyaman untuk penggunaan di jalan raya. 44Suspensi Pneumatik
Menggunakan udara terkompresi sebagai pengganti per, memungkinkan pengaturan ketinggian kendaraan sesuai kebutuhan. Memberikan kenyamanan berkendara yang sangat baik, namun komponen penggantinya mahal dan memiliki daya tahan yang kurang bagus.
**Suspensi Pneumatik**
Menggunakan udara terkompresi sebagai pengganti per, memungkinkan pengaturan ketinggian kendaraan sesuai kebutuhan. Memberikan kenyamanan berkendara yang sangat baik, namun komponen penggantinya mahal dan memiliki daya tahan yang kurang bagus. 51Suspensi Rigid-Leafspring
Sering digunakan pada mobil tipe niaga atau edisi lama, dengan sifat kaku dan terletak di bagian roda belakang. Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, namun kenyamanan berkendara bisa kurang optimal.
53
**Suspensi Rigid-Leafspring**
Sering digunakan pada mobil tipe niaga atau edisi lama, dengan sifat kaku dan terletak di bagian roda belakang. Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, namun kenyamanan berkendara bisa kurang optimal. 58Pemilihan jenis suspensi yang tepat sangat bergantung pada jenis kendaraan, tujuan pegngunaan, dan preferensi pengemudi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar