Senin, 03 Februari 2025

MENGUKUR CELAH ANTARA KAMPAS REM DENGAN TROMOL PADA MOBIL

 Mengukur celah antara kampas rem dengan tromol penting untuk memastikan rem bekerja dengan optimal dan tidak mengalami gesekan berlebih atau kelonggaran yang berisiko.


Alat yang Dibutuhkan:


1. Feeler Gauge (Pengukur Celah) – Untuk mengukur celah kecil dengan presisi.



2. Dial Indicator – Untuk pengukuran lebih akurat, terutama pada kendaraan yang memerlukan toleransi ketat.



3. Vernier Caliper (Jangka Sorong) – Bisa digunakan untuk pengukuran kasar jika feeler gauge tidak tersedia.




Langkah-Langkah Pengukuran:


1. Persiapan


Pastikan mobil dalam kondisi aman, gunakan dongkrak dan jack stand jika perlu.


Lepaskan roda untuk mendapatkan akses ke rem tromol.


Bersihkan area sekitar kampas dan tromol dari debu dan kotoran.



2. Pengukuran Celah dengan Feeler Gauge


Masukkan feeler gauge di antara kampas rem dan dinding tromol.


Geser feeler gauge hingga menemukan ukuran yang pas tanpa celah berlebih atau terlalu sempit.


Baca ukuran pada feeler gauge.



3. Pengukuran dengan Dial Indicator (Opsional, untuk Akurasi Lebih Tinggi)


Pasang dial indicator di tromol.


Putar tromol perlahan dan catat pergerakan jarum dial indicator.


Jika celah terlalu besar atau tidak merata, maka perlu dilakukan penyetelan.



4. Penyesuaian Celah


Jika celah terlalu besar, sesuaikan penyetelan adjuster rem tromol.


Jika celah terlalu kecil dan kampas bergesekan, kendurkan sedikit penyetelan adjuster.


Idealnya, celah kampas rem dengan tromol berada di kisaran 0,2 – 0,5 mm (tergantung spesifikasi pabrikan).



5. Uji Coba


Setelah penyetelan, putar tromol dengan tangan untuk memastikan tidak ada gesekan berlebih.


Pasang kembali roda dan lakukan pengujian rem dengan menekan pedal beberapa kali.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI GAMBAR TEKNIK

 Gambar teknik berfungsi sebagai alat komunikasi dalam bidang teknik dan rekayasa. Berikut beberapa fungsi utama gambar teknik: 1. Sarana Ko...